Kabanyakan Selfie, Mau Hidung Anda Membesar?

LAMTUR.COM- Selfie sudah seperti menjadi bagian yang tidak terpisahkan oleh manusia dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Banyak orang berselfie, saat berkumpul bersama teman, ataupun lagi liburan ke suatu lokasi wisata. Namun, anda harus kurangi kegiatan selfie tersebut mulai dari sekarang.

Pasalnya, ada penelitian baru menyatakan bahwa selfie bisa membuat hidung lama kelamaan terlihat membesar 30 persen. Hidung terlihat membesar bukan karena efek lampu flash yang digunakan saat selfie. Hal tersebut hanyalah ilusi yang disebabkan distorsi dalam otak pelaku selfie yang semakin “haus” akan kesempurnaan.

Dikutip CNNIndonesia dari Travel and Leisure, penelitian itu berdasarkan data yang diungkap oleh American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgeons di Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa 42 persen calon pasien bedah plastik beralasan bahwa fisiknya tak sempurna, terutama di bagian hidungnya.

Mereka ingin melakukan prosedur bedah plastik agar dirinya terlihat semakin menarik di media sosial. “Terlalu sering selfie dengan jarak kamera kurang dari lima kaki membuat kita jadi mengetahui kekurangan bentuk tubuh yang dimiliki. Bagi orang yang terobsesi dengan media sosial, bedah plastik jadi jalan keluar untuk mengoreksi kekurangannya,” ujar Dr. Samuel Lin, dokter bedah plastik di Beth Israel Deaconess Medical Center Boston.

Lin melanjutkan, saat ini pihaknya kerap mewanti-wanti calon pasien yang ingin melakukan bedah plastik. Jika alasannya hanya untuk menarik di media sosial, maka tak menyarankan pasien langsung melakukan bedah plastik.

Sebaliknya, ia akan memberikan pasien untuk selfie dari sudut yang berbeda.

Lantas bagaimana solusinya jika selfie tidak dianjurkan? Sederhana saja, minta tolonglah kepada orang lain untuk memotret kita saat berwisata. Selain menjauhkan diri dari distorsi otak, meminta tolong kepada orang lain juga bisa menjadi usaha untuk menambah teman dalam perjalanan.

Kuy, share ke temanmu

Komentar