Sarden Mengandung Cacing Pita, Menkes: Kita Goreng Lagi Ya Cacingnya Mati

LAMTUR.COM- Kasus sarden mengandung cacing pita, yang ditemukan BPOM RI, masih menjadi polemik di masyarakat luas. Bahkan masyarakat, seakan tak mau lagi membeli sarden, karena kasus ini.

Loading...

Hasil pengujian terhadap 541 sampel, BPOM memastikan 27 merek sarden positif mengandung parasit cacing. Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menuturkan selama ini belum ada laporan efek samping akibat mengonsumsi sarden. Termasuk dugaan produk sarden bercacing.

”Menurut saya, kalau memang tidak ada (laporan, red) bisa saja kan kalau memang tidak dimakan atau dimakan tapi kan dimasak. Sehingga sampai saat ini tidak ada side effectnya, mencret kek atau atau apa tidak ada,” ujar Nila, seperti dilansir dari jpnn.com.

Dia berharap masyarakat bisa lebih waspada dalam mengonsumsi makanan olahan. Harus diperhatikan betul tanggal kadaluwarsanya, bau, hingga warnanya. ”Hati-hati dikitlah gitu. Jangan cuma main telan saja,” ungkap dia.

Nila menerangkan, mengonsumsi makanan matang yang telah dimasak secara sempurna bisa menghindarkan kita dari risiko kesehatan. Karenanya, dia mengatakan bahwa makanan sebaiknya tidak dimakan mentah.

“Setahu saya itu (ikan kalengan) kan enggak dimakan mentah, kita goreng lagi, ya cacingnya mati. Saya kira kalo udah dimasak kan jadi steril,” imbuhnya.

Kuy, share ke temanmu

Komentar