Syarat Nazaruddin Bebas Bersyarat

POJOKSERU.COM- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Suka Miskin mengusulkan terpidana korupsi, Muhammad Nazaruddin, mendapatkan pembebasan bersayarat. Namun KPK menyatakan belum mendapatkan surat rekomendasi tersebut.

“Saya belum dapat informasi ya secara resmi pun kami cek belum ada surat yang diterima nanti kita tunggu saja kalau memang sudah ada suratnya kita lihat lebih lanjut,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setibudi, Jakarta Selatan, seperti diberitakan poskota.co.id.

Menurut Febri, banyak syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh pembebasan bersyarat. Selain berkelakuan baik, syarat lainnya antara lain berkontribusi mengungkap perkara yang lain, membantu penegak hukum, atau sudah mengembalikan kerugian keuangan negara dengan sudah membayar denda dan syarat-syarat yang lain.

Terkait rekomendasi yang dibutuhkan dari KPK untuk pembebasan bersyarat Nazar, Febri mengatakan KPK belum memutuskan sikapnya. Sebab belum menerima permohonan rekomendasi dari Ditjen PAS.

“Sekarang terlalu dini untuk dijawab karena suratnya sendiri belum kami terima dan kalau suratnya sudah diterima nanti kami pertimbangkan dulu ada proses internal dari kelembagaan yang juga harus kami lalui soal ini,” imbuh Febri.

Sebelumnya, Kabag Humas Ditjen PAS, Ade Kusmanto membenarkan adanya usulan pembebasan bersyarat untuk Nazaruddin. Namun, Nazar harus menjalani proses asimilasi atau pembauran di masyarakat terlebih dahulu.

Program asimilasi dilakukan sesuai keputusan PP 99 tahun 2012 tentang remisi. Diketahui, dari sistem informasi Ditjen Pemasyarakatan, Nazaruddin telah memperoleh remisi sebanyak 2 tahun 4 bulan. Apabila dihitung, masa hukuman mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu telah mencapai dua pertiga masa pembinaan di lapas.

Meski begitu, Ade memaparkan proses persetujuan asimilasi tidak dapat sembarangan. Sebab harus ada rekomendasi dari KPK. Jika KPK memberikan rekomendasi maka Menteri Hukum dan HAM dapat mengesahkan usulan yang diajukan.

Kuy, share ke temanmu

Komentar