Inilah 5 Pengusaha Kelapa Sawit Terkaya di Dunia

Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia pada Selasa (21/3/2017). 10 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes didominasi oleh para pesohor bidang teknologi. Dari daftar konglomerat paling tajir sedunia tahun 2017 terdapat 5 pengusaha kelapa sawit.

Dari 5 pengusaha kelapa sawit terkaya di dunia tahun 2017, tiga orang diantaranya berkewarganegaraan Malaysia. Satu orang pengusaha kelapa sawit dari Indonesia dan Singapura masuk pula dalam daftar.

Berikut daftar 5 pengusaha kelapa sawit terkaya di dunia tahun 2017 yang dirilis Forbes.

Robert Kuok (Malaysia)

Robert Kuok tercatat sebagai orang terkaya nomor satu di Malaysia. Robert Kuok berada di ranking 115 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes. Robert Kuok memiliki kekayaan sebesar 11,4 miliar US Dolar. Jumlah kekayaan Robert Kuok naik dibandingkan tahun 2016 yang sebesar 11,3 miliar USD.

Taipan berusia 93 tahun ini merupakan pemilik kerajaan bisnis Kuok Grup yang bergelut dalam bidang perdagangan, properti, perhotelan dan agribisnis. Sumber kekayaan terbesar Robert Kuok berasal dari saham yang dimilikinya di perusahaan raksasa kelapa sawit Wilmar International.

Lee Shin Cheng (Malaysia)

Tan Sri Dato’ Lee Shin Cheng tercatat sebagai orang terkaya nomor 5 di Malaysia. Lee Shin Cheng berada di ranking 348 orang terkaya di dunia tahun 2017. Lee Shin Cheng memiliki kekayaan sebesar 4,7 miliar US Dolar.

Lee Shin Cheng merupakan pemimpin IOI Corp yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Malaysia. Konglomerat berusia 78 tahun tersebut disinyalir memiliki 152.000 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang terdapat di Malaysia dan Indonesia.

Kuok Khoon Hong (Singapura)

Kuok Khoon Hong merupakan keponakan taipan Robert Kuok. Kuok Khoon Hong salah satu pendiri perusahaan raksasa kelapa sawit Wilmar International.

Kuok Khoon Hong memiliki aset kekayaan sebesar 2,4 miliar US Dolar yang menempatkannya sebagai orang terkaya nomor 8 di Singapura, dan terkaya ranking 867 di dunia.

Lau Cho Kun (Malaysia)

Tan Sri Datuk Seri Panglima Lau Cho Kun memiliki kekayaan sebesar 2,08 miliar US Dolar yang membuatnya sebagai orang terkaya nomor 8 di Malaysia. Konglomerat berusia 81 tahun ini berada di ranking 973 orang terkaya di dunia pada tahun 2017.

Lau Cho Kun merupakan pemimpin Hap Seng Consolidated yang menggeluti bidang properti, industri kelapa sawit, pupuk dan pertambangan.

Martua Sitorus (Indonesia)

Martua Sitorus adalah salah satu pendiri perusahaan kelapa sawit Wilmar International. Saat ini Martua Sitorus menjabat sebagai Executive Deputy Chairman Wilmar International.

Aset kekayaan Martua Sitorus sebesar 1,5 miliar US Dolar yang menempatkannya sebagai orang terkaya nomor 12 di Indonesia, dan terkaya ranking 1376 di dunia. Aset kekayaan pengusaha berusia 51 tahun tersebut bertambah dibandingkan tahun 2016 yang sebesar 1,42 miliar USD.

Tahun 2016 lalu, pemilik Sinar Mas yang punya anak usaha perkebunan kelapa sawit, Eka Tjipta Widjaja, masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan jumlah aset sebesar 5,6 miliar USD. Namun, Eka Tjipta Widjaja tidak masuk daftar orang terkaya Indonesia pada tahun 2017.

Pengusaha kelapa sawit Indonesia lainnya yang masuk daftar orang terkaya Indonesia tahun 2016 adalah Ciliandra Fangiono, Abdul Rasyid dan Lim Hariyanto Wijaya Sarwono.

Kuy, share ke temanmu

Komentar